Social Icons

Wara-Wiri Episode Pangandaran : Pantai Batu Karas

Sabtu pagi, 7 Januari 2011

Pantai Batu Karas
Abis berburu sunrise di Pananjung Timur (dan mesti kecewa karna mendung), kami lanjut ke tujuan wisata berikutnya, yakni Pantai Batu Karas. Dari hasil ngobrol-ngobrol antara saya dan bapak penjual mie rebus di Pananjung, berikut ini adalah urutan jalur wisata di Pangandaran : pantai Karang Nini-Pantai Pangandaran(Pananjung Barat, Pananjung Timur)-Pantai Batu Hiu-Green Canyon-Pantai Batu Karas. Bapak tadi menyarankan kami stay di Batu Karas, objek wisata yang terjauh. Baru nanti pas pulangnya muter balik nyusurin Green Canyon dan Batu Hiu. Selain objek-objek tadi, masih banyak lagi  tempat lainnya seperti Pantai Bulak Laut, Krapyak, dll.

Salah satu restoran di Batu Karas
Pantai Batu Karas merupakan sebuah pantai landai yang terletak di Desa Batukaras Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Jarak dari Pangandaran ke Batu Karas kurang lebih 34 km. Meski
belum begitu tenar, pantai ini menjadi favorit wisatawan mancanegara juga para pecinta surfing. Pantai Batu Karas sering disebut memiliki perpaduan keindahan antara Batu Hiu dan Pangandaran. Suasanya tenang, asri dan ombaknya cukup bersahabat. Pantainya landai, berbentuk setengah lingkaran karna diapit bukit, pokonya indah banget lah. Di sini juga tersedia berbagai wahana permainan air kaya jet ski dan banana boat, tarif banana boat 50.000/orang. Akomodasi penginapan dan tempat makan juga udah cukup lengkap.

Transportasi dari Pangandaran ke Batu karas :
  • Bisa naek angkot ke Cijulang terus lanjut naek ojek ke Batu Karas. Atau kalo nginepnya di Pangandaran tapi pengen maen ke Batu Karas, bisa sewa angkot pulang-pergi.
Pukul setengah sepuluh kami tiba di Pantai Batu Karas. Kami nginep di rumah penduduk yang hari sebelumnya udah dibookingin sama supir. Thank baja, pa supir.. Tarifnya 200 ribu semalam, dengan tiga kamar, dua kamar mandi, dapur, ruang tamu, ruang makan dan ruang keluarga. Saya lupa nanya siapa nama bapak pemilik rumah tersebut, soalnya begitu check in dan bayar uang sewa, beliau langsung cabut dari situ dan ga ketemu lagi sampe pulang. Kira-kira lokasi penginapannya 3 km dari pantai. Sori, saya ga inget nama desanya, pokonya dari huruf S lah awalnya,hehe *blogger lemah ingatan,wkwkwkwk*

Usai beristirahat sejenak, kami mutusin berangkat ke pantai. Hari udah mulai terik, tapi daripada bengong di penginepan mending langsung ke pantai. Setiba di sana suasananya ternyata rame banget, terlebih karna hari itu masih liburan sekolah.

Sebenernya aga sarap juga kalo jam 12 siang nyebur ke laut, tapi godaannya ga nahan. Pengen buru-buru maen air walo saya belom pinter renang. Yang penting ngerasain serunya diterjang ombak. Temen-temen saya yang cowo pada maen bola, sementara tiga temen cewe milih nangkring di bawah pohon, males turun ke aer katanya. Padahal rugi banget kalo ke pantai ga basah-basahan, heuheu..

Seorang temen ngajakin maen banana boat, tergoda juga sih, pengen ngerasain tantangannya. Tapi anak-anak yang lain pada males. Ga seru juga kan kalo cuma berdua dan tar ngikut rombongan laen, maka ya udinlah, saya dan temen saya itu pun ga jadi naek banana boat, huhu... Puas maen air, sesi pemotretan pun dimulai. Ngiri euy liat temen saya pake kamera DSLR. kapaaan ya bisa punya, huhu….

photo by Rosho

Rosho with his camera (hwaaaa,ngiri...pengen DLSR!!)

Sekitar pukul 2 siang kami mutusin buat pulang, soalnya badan dah cape banget. Sialnya pas nelpon supir ga ada jawaban, mungkin lagi pada tidur. Kasian juga sih, semaleman ga pada tidur. Walhasil kami pun pulang ke penginepan dengan jalan kaki, mana baju dan muka basah dan kotor. Ga tanggung-tanggung, sekitar 3 km kami tempuh dengan kondisi baju basah, badan kotor, laper dan sengatan matahari yang cukup terik. Untungnya view sepanjang pantai sampe penginepan keren banget. Bisa hunting objek-objek menarik sepanjang jalan kaki nyusurin pantai.

eksotika tropikana

unik banget yak? hehe

Sempet mampir dulu di warung pinggir jalan buat pesen nasi goreng. Rasanya cukup enak dan murah, 8.000 seporsi. Kalo di kawasan wisatanya sih bisa nyampe sepuluh ribu per porsi. Jadi tips buat wisatawan yang low budget, sebaiknya nyari makan jangan di lokasi wisatanya, tapi agak ke dalam perkampungan. Lebih murah sih, tapi mesti jalan kaki dulu, hehe…

jalan kaki ke penginepan
Jalan pulang rasanya jauuuuh banget, ga nyampe nyampe. Badan udah remuk redam, kalo kata orang Sunda mah pasiksak,  sementara tu rumah tempat nginep ga ketemu-ketemu juga.  Mana sempet diikutin anjing pula, hiii horror banget dah..i really hate dog. Ga tau kenapa dia ngikutin, mungkin mau minta foto ato tanda tangan tapi ga bisa ngomongnya kali yak, hahaha.. Untung tu anjing akhirnya ngambil jalan berbeda. Asli, saya sampe panas dingin pas diikutin…

Pfiuhhh….akhirnya nyampe juga di Penginepan. Beres mandi dan istirahat bentar kami pun bergegas hunting sunset. Gara-gara salah informasi, kami ga jadi dapet sunset. Ternyata sunset ga bisa diliat dari Batu Karas. Padahal tukang warung tadi bilangnya sunset bisa didapet dari sini. Suer, nyesek banget. Lagi-lagi mesti kecewa… tadi pagi ga dapet sunrise karna mendung, sekarang salah lokasi. Dari bukit di atas Batu Karas, kami ngeliat semburat cahaya matahari sore nun jauh di sana, entah di mana..  Keinginan buat berburu sunset pun gagal total, karna kebegoan kami yang ngira kalo sunset bisa diliat dari Batu Karas. Padahal udah ngebayangin kerennya sunset yang saking kerennya nanti bakal munculin kalimat “the most beautiful sunset I’ve ever seen” di kepala.

Kayanya kami emang belum berjodoh sama sunset dan sunrise Pangandaran deh.. ya sudahlah, gagal hunting foto, kami pun hunting.. sate, hehe… awalnya mau bakar-bakaran, tapi kondisi badan udah ga fit lagi buat masak, akhirnya nyari yang bisa ngangetin badan, yakni sate kambing. Hunting sampe keluar lokasi Batu Karas, akhirnya kami nemu tukang sate, tapi tinggal sate ayam aja..ya sudahlah, daripada mesti muter-muter lagi. Dan berakhirlah malam minggu di Batu Karas dengan 60 tusuk sate ayam dan nonton bareng Shaun The Sheep, hoho

Well thanks dah mampir, simak perjalanan selanjutnya ke Green Canyon, Batu Hiu dan Cagar Alam ^^