Social Icons

Pages

Selasa, Februari 28, 2012

Kerennya Radio Show TV One

foto dari sinih
Beberapa minggu belakangan saya punya satu lagi acara tivi favorit. Radio Show di TV One, hadir tiap hari dari jam setengah sebelas malem sampe 2 pagi. Acaranya keren, bikin saya kagum sama TV One. Ketika stasiun televisi swasta lainnya berlomba bikin acara musik yang menampilkan para musisi mainstream, Radio Show hadir membawa konsep berbeda, unik, asik, mantep, cerdas. Nyaris semua musisi yang menjadi bintang tamunya adalah musisi indie yang tentu saja jarang bahkan ga akan anda temukan di acara musik pagi hari di stasiun tivi kita. Nama-nama seperti Sarasvati, Efek Rumah Kaca, Siera Soetedjo, The S.I.G.I.T dan kawan-kawan adalah beberapa musisi yang pernah tampil disana. Dipandu Om Sys NS sebagai host utama, acara ini bener-bener elegan dan anak muda bangettt. Anak muda pecinta kreatifitas bermusik maksudnya, karna kalo anak muda tipikal alay sepertinya lebih memilih acara musik pagi ketimbang Radio Show. Radio Show juga bikin kita bernostalgia. Tiap malem diputer videoklip keren dari zaman lawas. Suka ada kuis dadakan juga dengan judul kuis yang jadul tapi gokil, misalnya kaya kuis “lingkar wajah”.  Mungkin sepintas ada yang bilang ni acara ko jadul banget si, mentang-mentang hostnya angkatan lawas (ga berani mau nyebut angkatan tua, hahaha piss om), padahal kayanya Om Sys emang mau ngajak kita nostalgia ke masa-masa 70-90 an. 


Sayangnya saya ga bisa tiap hari nonton, maklum sleeping beauty..jam 10 malem udah ga kuat melek, hehe.. Dulu sih kuat begadang, tapi setelah insomnia saya sembuh jadi kesulitan begadang kalo bukan bener-bener dipaksain. Tapi saya masih suka liat walo jarang sampe tamat. Acara ini bikin saya terharu, kagum dan bangga. Akhirnya bisa liat musisi kesayangan saya nampil di layar tivi. Menjadi pengagum para musisi indie tentu ga seperti fans  musisi mainstream, di mana para musisi mainstream bisa dengan mudahnya ditemuin sepanjang hari di acara tivi, baik acara musik, gosip bahkan FTV. Karna musisi indie teguh dengan idealisme mereka untuk tetap berkarya di ranah independen, kehadiran mereka di televisi  kontan menjadi suatu barang langka. Bagi mereka para pemuja popularitas, kelangkaan itu ditafsirkan semena-mena menjadi “mereka musisi yang ga laku ya? “ Sungguh pernyataan yang gembel dan bodoh*saya suka ngedadak naek darah kalo ada yang bilang kek gitu. Hello, kou pikir popularitas itu ngejamin kualitas????*  

Walo musisi indie ga terkenal di media populer tapi mereka dengan kualitas mengagumkan berhasil punya fans sejibun (bukti kalo pasar musik bisa diciptakan) dan bisa mengharumkan nama negeri kita hingga ke mancanegara. Kalo para musisi mainstream segitu bangganya udah pernah manggung di Hongkong, di Singapur, para musisi indie sebenarnya jauh lebih hebat dari mereka. Sebut saja The S.I.G.I.T, Mocca, Sore, Protocol Afro, Noxa, Hollywood Nobody (band beraliran bosanova yang lagi saya gandrungi saat ini), dan masih banyak lagi.

Balik lagi ke soal kemunculan musisi indie di televisi swasta. Radio Show TV One adalah suatu konsep acara yang elegan. Salut buat TV One, buat Radio Show, buat om Sys, buat Sandy PAS yang suka jadi host juga disana(I love u Bang Sandy, anda keren sekali). Radio Show udah mengakomodasi para musisi indie untuk unjuk gigi di ranah media populer. Tentu akan sangat berbeda sekali citra yang ditampilkan. Misalnya mereka nampil di acara musik pagi nih ya, pastinya ga akan keliatan keren karna penontonnya adalah para fans mainstream. Bahkan bukan ga mungkin para penonton itu menjadi tidak mengerti dengan genre atau lirik lagu mereka. Kecerdasan mereka tidak akan terpahami. Idealisme dan kreatifitas mereka terbantai secara mengenaskan di tengah gerombolan para penikmat lagu cinta melulu itu. Mereka menjadi semacam permata di dalam lumpur. Lain halnya jika mereka muncul di Radio Show. Bak berlian di tengah pameran batu mulia.  Menimbulkan sensasi takjub bagi para fans loyalis mereka. Contohnya seperti saat ERK live di sana *momen terindah yang pernah saya rasakan*

Gilaaak, heboh dan berkesan banget malem itu! Penampilan ERK keren sekali. Pas interview juga Bang Cholil nya begitu humble. Ngefans sama si abang yang satu ini, musisi yang cerdas dan humble…you are the real star. Sementara itu Bang Akbar cool bener di sana, naksir deh sama drummer ganteng kakaknya Indra Bekti inih. I love u bang, hehe… Dan disitu juga kali pertama saya liat additional playernya ERK, Popy, yang tongkrongannya perpaduan Qibil Changcut dan Hitler (abis kumisnya nanggung si, hehehe :p). 

Malem itu keren. Tiap ERK nyanyi, para Eleniak Estrada yang saya kenal di pesbuk langsung update status! Termasuk saya juga, hehe… Belom lagi temen-temen juga pada sms tiap kali nonton. Temen dari Lampung, Bandung, Jakarta, Subang, dll. pada kirim sms. Kebersamaan yang hangat ini indah sekali rasanya… pokonya waktu itu menggebu-gebu. Ada perasaan yang susah saya jelasin apa itu. Sampe mata berkaca-kaca tiap liat ERK nyanyi, rasanya pengen tereak, loncat masuk tivi dan saat itu juga berada di La Codefin Kemang, ngeliat live nya Radio Show. Saking heboh dan semangadnya sampe-sampe temen saya kirim sms : kita ko jadi kaya nonton boyband yak? Histeris :D

Hahaha, kalo dipikir-pikir iya juga si. Tiap mereka nyanyi, pasti langsung update dengan hebohnya. Begitu meluap-luap. Tapi kan yang penting kita heboh karna nonton musisi indie, bukan karna nonton sekelompok anak muda bertampang rupawan lagi jejingkrakan dan lypsinc, mhehehe. Walhasil semalaman itu status di beranda pesbuk saya isinya ga jauh-jauh dari : Gila, ERK keren! atau Wow, ERK nyanyiin Hilang  atau juga Loh ko cuman segitu? Sealbum dunk, dll. Saya sendiri ga kehitung brapa kali ngapdet status. Paling terharu waktu Bang Cholil nyanyi Kamar Gelap. Dimintanya kan cuman sepotong sama om Sys, eh pas Bang Cholil berhenti justru penonton di La Codefin yang kompak nyanyi… mengharukan banget. Dan kabarnya malem itu ERK langsung jadi trending topic di twitter ^^
Hmmm, serius deh Radio Show mantep! Saya nunggu Sore nampil di sana, Tigapagi, Naif atau  Mocca…udah belum yak mereka? Mudah mudahan belum, biar bisa ngerasain sensasi histeris kek waktu liat ERK kmaren, hoho.. Mudah-mudahan juga Om Sys ato Bang Sandy ato kru Radio Show baca ini, biar bisa ngundang musisi indie kesayangan saya. Maju terus Radio Show, maju terus musik indie tanah air. Salam muke gileeee^^

19 komentar:

  1. memang radio tv show menarik sob,..
    dan makin menarik karnanya banyak artis artis yang ikut di acaranya
    nice share sob

    happy blogging

    BalasHapus
  2. wah memang acara ini radio tv show menarik tuk dilihat,apalagi kalau ngomong soal yg menarik,..seru ya so
    nice info

    happy blogging

    BalasHapus
  3. Ingat ya,,,
    gadis nggak boleh tidur malam-malam ,,,
    nanti cantiknya luntur lho.... :-)

    wilujeng menikmati musik indie-nya,,, :-)

    BalasHapus
  4. bener bgt ni acara emang keren abis dan ok punya, mudah2an ga ad yg niru deh ni acara di program TV lain ..

    BalasHapus
  5. Teh Hana
    Punten ku abdi diwaler di blog acak adut "Cepot Sakti" perkawis Menu Rinai Hujan nuditaroskeun ku Teteh di Sakahayang Dot Com.

    Mangga wae klik eta link "Kanggo Teh Hana Rinai Hujan"

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
  6. Semalaman Radio Show sangat menawan,ada Brandal Band sama Kikan.Ane juga suka acaranya.
    Oh ya Neng,akang teu acan kabujeng ka dayeuh,kin diantos bae nya.Pasti dikintun.Makasih dah sharing,happy bloging.

    BalasHapus
  7. wah suka begadang pisan yeuh...kirain saya doang yang pas dengan acara nya kang sis..kalau saya nonton ini karena inget sama masa muda saat jaman sis masih di radio prambors

    BalasHapus
  8. Saya juga suka acaranya,mendidik dan kreatif.
    Nice Neng,nuhun.

    BalasHapus
  9. @kampungku : yupz, topik yang diangkat di Radio Show memang selalu menarik :)

    @asep : hihi, ngga tiap hari ko kang..saya nonton kalo ada musisi favorit saya aja :)

    @download : thanks dah mampir :)

    @outlet : keren banget pokonya ^^

    @kang asep : aduuh janten isin, tos ngarerepot, hatur nuhun kang..hatur nuhuuun pisan :)

    BalasHapus
  10. @raihan : kalo yang episode itu saya kebetulan ga nonton kang...oh muhun mangga kang, teu sawios wios,pami atos nyalse weh.. :)

    @kaito : hehe iya, temen begadang yang keren, hohoho :D

    @neesa : thanks for coming ^^

    @desa cilembu : itulah kenapa konsep acaranya dibikin mirip kaya siaran radio gitu kang, mengingatkan masa masa waktu om sys siaran dulu :)

    @laras : sip teh, acaranya emang mantep banget..
    hatur nuhun kana kasumpingannana ^^

    BalasHapus
  11. setuju,emang radio show bagus banged...tiap mlm aku tongkrongin nih acara,quest'a keren2 palagi band2 lawas...pokoknya gud job dehh bwt tvOne.
    gud job jg bwt yg udah share...keep spirit

    BalasHapus
  12. @tik tok : thank u dah mampir sini.... radio show itu menurut saya adalah acara paling keren tahun ini ! *_^

    BalasHapus
  13. saya suka saat nayangin DEADSQUAD dengan genre detathmetalnya, siip abis

    BalasHapus
  14. @risalahati : saya seneng banget pas SORE kemaren nampil di Tigapagi, keren abiiiss :D

    BalasHapus
  15. Keren Pas slank yg jdi bntang tamu ,
    Kaka slank smpe Manjat2. .

    BalasHapus
  16. Where were you in 2004? acara ini telat setelat-telatnya. Soundnya jelek, talkshownya membosankan, pembawa acaranya sok tahu. Sekarang kalo elu mau jaman dimana so-called indie scene menggelora liat di tahun 2003-2006 disitu udah kebentuk scenenya, dan belum ada yang latah ngaku indie. Jangan sok indie anti mainstream deh, good music is good music. Pelabelan udah mati neng.

    BalasHapus
  17. @kun : wah kalo yang itu saya ga nonton euy, huhu T_T

    @gyroscope :2004 jujur saya belum tau musik indie, mas bro :
    kalo soal Radio Show, ga ada yang telat menurut saya. Toh sekarang pun musik indie terus berkembang. Kenapa mesti dibilang telat tah?
    Tentang kekurangan, ini kan acara baru...jadi wajar kalo masih ada kekurangan teknis di sana-sini,acara lama aja kadang masih ada kekurangan ko..saya sih percaya kalo seiring waktu semua bisa diperbaiki, apalagi acara ini lagi digandrungi banyak orang, pasti ada pembenahan.

    Anda kenal saya aja kaga, udah langsung ngejudge saya anti mainstream..Coba baca bio saya, saya tetep suka dan menghargai karya dari ranah mainstream yang emang bagus ko..kaya Padi, KLA, Chrisye, dll. Dan ga semua yang berkiprah di indie juga saya bilang keren. Saya bilang cinta indie bukan mau keren-kerenan, tapi emang karna saya salut dan cinta musik indie dengan tulus... Bukan karna ikut-ikutan.

    Soal pelabelan, digunakan untuk menyebut identitas aja, untuk membedakan di ranah mana musisi tersebut berkiprah. Bukan berarti semua lagu indie lantas bagus, ga gitu juga.. anda punya konsep yang lebih bagus ga buat ngebedain dan nyebut antara keduanya?

    BalasHapus

Hei sobat, komenin postingannya dunk... Tapi pleaaseee jangan ninggalin link hidup di sini yaa, makasih ^^