Social Icons

Pages

Rabu, Mei 08, 2013

Diarymu = Jurnal Kelimpahan Hidupmu


Nulis buku diary atau catetan harian buat sebagian orang mungkin dianggap  ga penting, bahkan ada yang bilang nulis diary itu culun. Mereka yang bilang kaya gitu belum tau aja kalo banyak banget hal positif dari nulis diary. Bukan cuma buat nulisin kenangan aja, tapi ada hal lain yang bisa bikin hidup jadi terasa lebih bermakna karna nulis diary. Selain berfungsi nyatetin pengalaman yang kelak bisa dikenang dan jadi pelajaran, diary bisa digunakan untuk mendokumentasikan nikmat yang udah Allah kasih buat kita. Dengan nulis nikmat yang kita rasain, kita bisa terus bersyukur karna ternyata banyak banget yang udah Allah beri selama ini. Jadi diary itu bisa berfungsi sebagai jurnal kelimpahan hidup. Michael Losier, penulis buku Law Of Attraction menyebutnya sebagai ‘journal of abundance evidence’ (jurnal bukti kemakmuran). Maknanya sama-sama aja, untuk mengungkapkan betapa banyaknya berkah yang ada dalam hidup kita, bahwa betapa hidup kita begitu berkelimpahan nikmat.

Saya terinspirasi menjadikan diary sebagai jurnal kelimpahan hidup setelah baca sebuah tulisan (saya lupa tulisan siapa) kalo salah satu cara buat bersyukur itu adalah dengan mengenang dan menuliskan hal-hal yang udah Allah kasih buat hidup kita. Jadi saya juga nulisin berbagai hal yang Allah beri untuk saya setiap harinya, walo tentu aja pemberian Allah ga akan pernah bisa kecatet semua, GA AKAN PERNAH BISA. Milyaran diary pun ga akan cukup buat nulis satu per satu nikmat dariNya. Tapi paling ga, saya bisa nulis sesuatu yang kelak bisa ngingetin saya akan cinta kasih Allah di hidup saya. Kelak kalo saya udah tua, saya bisa mengenang ini: “iya yah, banyak bangetttt yang uda Allah kasih selama ini buat saya”. 

Kadang ada saat di mana kamu lupa untuk bersyukur, itu wajar, iman aja bisa naek turun kan. Nah disitulah manfaat diary. Diary jadi semacam pengingat, semacam alarm. Kalo lagi down, ngerasa hidup lagi terpuruk, coba baca lagi jurnal kelimpahan hidupmu, lalu resapi kalo banyak hal positif dalam hidup, pelan-pelan kamu akan ngerasa bersyukur lagi, ngerasa semangat lagi.

Intinya diary bisa jadi pengingat untuk terus mensyukuri hidup meskipun kita ga pernah bisa sempurna dalam bersyukur. Contohnya, kita suka seenak udel bodong sama Allah sekalipun nikmat yang kita rasain sejibun. Ibadah masih aja bolong-bolong walo udah dikasih banyak kenikmatan. Dan tetep ajaaa kita suka ngeluh, protes, marah-marah kalo lagi dikasih cobaan. Saya juga gitu, mudah banget protes, ngeluh, ngambek sama Allah. Kalo lagi dikasi susah berasa lagi dizalimin Allah. Lupa deh kalo sebenernya ada nikmat-nikmat lain yang enaknya jauh lebih besar dari cobaan itu, dan lupa deh kalo sebenernya cobaan juga suatu nikmat karna bisa menempa mental dan juga mengangkat derajat keimanan. Cuman kita suka ga sadar aja soal itu, bahwa pahit, perih, kecewa, luka..semua itu pun sebenernya adalah bentuk nikmat, hanya saja kita sering suudon, songong, ga sabaran dan sotoy dengan nganggep itu sebagai beban hidup. Iyah, namanya juga manusia, tempatnya lemah. Padahal setiap perih, luka, lelah bisa menjadi penghapus dosa. Diriwayatkan Bukhari dan Muslim yang bersumber dari Abu Sa'id Al-Khudri ra dan Abu Hurairah ra, bahwa Nabi SAW bersabda : "Tidaklah seorang muslim ditimpa musibah berupa lelah, sakit, keresahan, kesedihan, penderitaan, kegalauan, hingga sebuah duri menusuknya, melainkan Allah menghapus dengannya (musibah tersebut) daripada kesalahan-kesalahannya”. Beuh, Allah baik banget yah? Lelah, sakit, sama galau aja jadi satu kenikmatan loh. Maka nikmat Allah manakah yang Kamu dustakan?



Saya sendiri terbiasa nulis diary dari sejak kelas 5 SD sampe sekarang udah lulus kuliah. Bagi saya, menulis diary adalah bentuk penghormatan saya kepada hidup, kepada Sang Pemberi Kehidupan. Saya nulis diary untuk mengabadikan berbagai momen yang nantinya saya yakini akan jadi guru kehidupan. Bukankah guru yang paling baik adalah pengalaman? (dan guru yang paling enak adalah pengalaman orang lain, hehehe). Oke, kegiatan sehari-hari saya mungkin ga terlalu istimewa, tapi tetep saya tulisin momen apapun yang terjadi karna memang seperti itulah adanya hidup saya. Atau saya juga  pernah ngelakuin hal bodoh, ngerasain hal-hal pahit, ngalamin kejadian yang memalukan, tapi sekali lagi itulah perjalanan hidup saya, harus tetap saya kenang karna semua hal yang indah, perih, pahit, sakit, bodoh, sarap, geblek, PADA AKHIRNYA akan mengantar saya pada sebuah muara: pelajaran kehidupan. 
 
Semua peristiwa tadi punya maknanya sendiri-sendiri, punya pelajaran moralnya sendiri-sendiri sekalipun itu adalah suatu hal yang bodoh, seperti waktu saya makan tanah. Suer, saya pernah makan tanah waktu kecil. Saya ngambek gara-gara di rumah ga ada makanan, trus protes dengan makan tanah sambil nangis-nangis depan halaman rumah. Unyu unyu Bodoh banget yah saya waktu itu?  Tapi tanah yang saya makan cuman dikit sih(yah kalo banyak mah namanya bukan aksi protes, tapi doyan, hahaha). Jangan tiru adegan ini ya, adek adek. Kalo mau protes sama orangtua, makan pedigree aja, lebih bergizi daripada makan tanah. Haaaaa. Dan pelajaran moral yang saya dapet dari makan tanah adalah: makan tanah TIDAK membuat anda menjadi cakep, sumpah deh, saya udah buktiin sendiri, wkwkwk..

Jadi.. nulis diary itu seru kan? Bisa buat nulis kenangan yang berharga juga bisa jadi reminder buat mensyukuri hidup. Buat yang udah rajin nulis diary dari sejak dulu, semoga tetep rajin dan konsisten. Lalu mulailah jadikan diarymu sebagai jurnal kelimpahan hidup. Buat yang belum pernah nulis diary, menulislah. Dokumentasikan cerita hidupmu, dokumentasikan nikmat-nikmat yang pernah kamu rasakan.. dan kamu akan selalu ingat kalo Allah itu selalu ada dan sayang sama kamu..

6 komentar:

  1. menulis diary itu salah satu cara untuk mencatat kenangan kehidupan yang bisa membuat kita belajar mengsyukuri nikmat hidup ini, disamping itu masih banyak cara lainnya untuk selalu belajar bersyukur pada ALLAH...salam :-)

    BalasHapus
  2. asiknya nulis di diary pas udah berselang 10 tahun kemudian..saat itulah kita berasa kembali 10 tahun lebih muda...ngga percaya?sok geura cobian.

    BalasHapus
  3. Kalo aku udah dibiasain nulis diary dari TK sampe kuliah. Jadi ga lupa moment2 apa aja yang ada di hidup kita.. Selain itu, baca diary punya sendiri itu sebuah hiburan kan? :p

    BalasHapus
  4. sudah lama tidak bersua di blog.. mari menulis diary :)

    BalasHapus
  5. @hariyanto: semoga bisa menjadi pribadi yang terus bersyukur dan bersyukur, dengan cara apapun :)

    @cilembu: hihi, iyah betul kang...berasa nostalgia juga :)


    BalasHapus
  6. @widhia: hihi, samaan kita... bener, kalo lagi luang trus baca diary sendiri tuh rasanya nyenengin, sama serunya kaya baca novel, hihi :)

    @opik: hihi, iya nih jarang keliatan akhir2 ini... mari menuliiis :)

    BalasHapus

Hei sobat, komenin postingannya dunk... Tapi pleaaseee jangan ninggalin link hidup di sini yaa, makasih ^^