Social Icons

Pages

Sabtu, Desember 29, 2012

5 CM DAN SKRIPSI


Sejak filmnya dirilis 12 desember kemarin, 5 CM heboh dibahas dimana-mana, termasuk di media sosial. Tapi kali ini saya ga lagi ikut-ikutan pengen heboh juga, cuman lagi keingetan aja sama sesuatu yang berhubungan dengan 5 CM dan pengen ngucapin makasih. Lagian saya belum sempet liat filmnya, baru baca novelnya doang. Itu juga dapet minjem, hehe..

Harus saya akui kalo 5 CM berpengaruh besar buat saya dalam ngerjain skripsi beberapa bulan silam. Waktu itu saya baca part pas Ian ngerjain skripsinya. Dari situ saya beneran termotivasi banget buat ngerjain skripsi dalam waktu dua bulan kayak Ian. Si Ian aja bisa, pasti Iyang juga bisa (Iyang adalah panggilan saya di rumah). Dan saya –tentunya dengan bantuan Allah Yang Super Baik- alhamdulilah bisa rampungin skripsi mulai dari september dan kelar tanggal 21 oktober jam dua dini hari. September-Oktober! 

Sejak selesai seminar outline bulan Mei, jujur aja skripsi saya sempet didiemin selama berbulan-bulan dengan harapan suatu hari bisa kelar dengan sendirinya *pemikiran gembel*. Sampe suatu hari ada temen SMA maen ke rumah dan dia heran kenapa saya yang udah seminar di bulan Mei tapi belum bisa beresin skripsi, padahal saat itu udah masuk awal september. “emang ngapain aja  han? Ko skripsinya belum beres juga?” dan mendengar itu kepala saya serasa digebuk lalu saya pingsan, ngga dink. Kepala saya serasa diberi pencerahan, oh iya ya...ngapain aja selama ini, ko ga pernah garap skripsi? Padahal saya ga sibuk-sibuk amat, selain jadwal suting stripping kesibukan saya sehari-hari cuman nyuci baju punya saya, baju mamah, bapak, adek, pa rt, bu rt, pa rw, bu rw (sebenernya saya mahasiswa ato tukang cuci keliling). Dari sejak kujungan temen saya itulah saya mulai berpaling lagi pada skripsi yang sempet terabaikan sekian bulan lamanya sampe ga cakep lagi *sebenernya itu skripsi atau marshanda*.

Waktu Ramadhan sebenernya udah mulai garap, tapi itu baru nyampe revisi bab 1 karna setelah semedi di loteng jemuran saya mutusin buat ganti variabel Y  jadi bab 1 pun dirombak kembali. Pas bimbingan, ternyata dinasehatin buat ganti teori sama dosen pembimbing saya yang baik hati (alhamdulilah punya dosen seperti ini). Menurut beliau,
teori yang saya pake di variabel Y ga cocok di instansi pemerintahan, cocoknya buat di pabrik ato perusahaan jasa. Akhirnya di bulan puasa yang keroncongan itu saya ngulang bab 1 dari awal lagi, iyah..ngulang dari awal lagi buat kedua kalinya pasca ganti variabel. Sempet ngerasa down karna bingung harus pake teori mana, tapi akhirnya ketemu yang lebih cocok, ngerasa sreg dan saya dengan si teori pun pelukan, eh. Terus teori yang ini disetujuin dosen. Tapi begitu lewat ramadhan, saya belum nyentuh lagi, sampe akhirnya temen saya itu dateng ke rumah dan via dia saya dikasi kesadaran buat mulai garap bab selanjutnya.

Lalu saya pun teringat dude herlino, eh saya pun teringat Ian 5 CM. Si Ian aja berhasil ngebuktiin kalo skripsi itu bisa digarap dalam waktu dua bulan, berarti saya pun bisa kalo bener-bener khusyu. Saya pun jadi semangat lagi gara-gara Ian. Saya bahkan sampe donlot Dont stop Me Now nya Queen juga, ngikutin si Ian biar tambah semangat. Serius, pokonya kala itu Ian bener-bener inspiratif banget, bener-bener ngemotivasi walo Ian bukan Mario Teguh. 

Akhirnya dengan ngebayangin Ian 5 Cm dan kegigihannya saya pun mulai garap lagi skripsi, mulai dari nyempurnain bab 1, trus nyari bahan buat bab dua tinjauan pustaka, trus bimbingan, trus bab dua revisi dikit, trus mulai garap bab tiga yang ga perlu pake mikir karna cuman ngetik keadaan lokasi penelitian sama metodologi. Naaah lalu saya sampe di bab empat yang bikin mata jereng dan otak busung lapar karna saya yang bodoh ini harus ngadepin statistik beserta segenap angka dan rumusnya yang tiap dikerjain suka bikin saya ngedadak mules. Tapi berkat bimbingan dari Guru Tong Sam Chong eh dari kakak temen saya yang baik, saya pun ngerti juga walo pas diajarin mesti sambil dikasi asupan cerebropit dan scott emulsion biar lebih pinteran. Waktu itu yang dipake emang statistik sederhana. Biar sederhana yang penting selamet, daripada kompleks tapi saya ga becus trus akhirnya jadi stres dan ngamuk-ngamuk di tengah jalan kan repot. Nanti infotainment heboh karna salah satu artisnya terindikasi sarap *eh emang saya artis yah?*.

Intinya pas ngerjain bab empat ini yang beneran bikin senewen, apalagi saya ga punya SPSS... korelasi rank spearman saya kerjain manual. Untung sampel penelitian cuma 55 orang, yah walo segitu juga tetep bikin mabok sih. Apalagi harus berebutan sama kondisi badan yang mulai ga fit. Tapi tekad dan semangat ternyata bisa ngalahin itu semua. Persis kaya waktu naek tangga Galunggung, cuman tekad doang yang bisa bikin saya akhirnya bisa beneran nyampe ke atas.

Selama berminggu-minggu di sepanjang september-oktober itu seharian duduk depan komputer. Pokonya kerjaan saya ngetik, melototin layar, baca buku referensi, nonton spongebob, ngetik lagi, nonton Shincan kalo pas hari minggu, ngetik lagi. Sampe lupa makan, lupa mandi *kalo yang ini emang biasa*, lupa cucian dan lupa apakah nama saya hana atau marsha timoti. Dan akhirnyaaaaa, pada 21 oktober itu saya selesai garap semua bab. Jam dua dini hari itu rasanya legaaaaa banget. Kaya bisul yang pecah. Alhamdulilah...makasih Ya Allah, sudah menolong Baim..

Lalu sepanjang sisa Oktober itu saya tekun bolak-balik bimbingan, sempat dapet revisi dan akhirnya... awal november saya bisa daftar sidang walopun sampe sekarang belum kepanggil karna akreditasi prodi/jurusan yang baru belum turun. Jadi khusus angkatan saya terpaksa ketunda sidang dan wisudanya, huhu..tidak apa-apa, sudah jalannya harus begini, yang penting skripsi saya bisa selesai secepat yang saya bisa. Walopun begitu, jujur saya masih suka ngerasa banyak kekurangan,iya sih maklum aja, semua karna keterbatasan pengetahuan dan pengalaman. Saya juga sering ngerasa kalo penelitian saya ini bakalan jauh lebih “bernyawa” kalo lokasinya di perusahaan swasta atau BUMN misalnya, yang etos kerja pegawainya cenderung lebih tinggi daripada instansi pemerintahan. Penelitian di pemerintahan mah ujung-ujungnya ketebak : banal dan klise. Ga perlu diteliti juga uda kegambar. Apalagi penelitian saya tentang kinerja pegawai, yeah, you know lah kinerja PNS cenderung gimana, hehehe... walo ga semua rendah juga sih. Iyap, berterimakasihlah pada reformasi birokrasi yang makin kesini makin nunjukin taring. Reformasi birokrasi, aku percaya.

Ya sudahlah, tiada gading yang tidak martin kan, semoga penelitian saya tetep bermanfaat. Lalu, apa tujuan saya nulis ini? Gini loh, ternyata kalo udah ada niat dan tekad, semua bisa terasa mudah karna dimudahkan sama Allah. Kalo kitanya males-malesan, Allah juga ogah-ogahan ngasih kemudahan. Taro tekad itu 5 centimeter di jidat kamu, tak peduli jidat kamu jenong sekalipun.

“Ketegaran kamu, ketikan kamu yang berjam-jam, waktu yang kamu habiskan buat baca, buat bolak-balik kemana-mana. Mata kamu yang selalu terlihat lelah karna kurang tidur, keteguhan kamu, semua biaya yang orangtua kamu keluarkan, restu orangtua kamu, semuanya ga pernah sia-sia.. semua akhirnya menumpuk dalam keranjang dharma kamu, menumpuk tinggi, menunggu untuk diberikan ke kamu, dan akhirnya Yang Maha Kuasa memberikannya padamu dengan berbagai cara yang Dia mau” (5 CM, halaman 134)

Sungguh, saya bersyukur sempet ngenal Ian 5 CM, sehingga bisa dapet inspirasi dan motivasi sebesar itu. Semoga banyak juga yang akhirnya ngerasa termotivasi dikit dari kisah saya walo saya pun bukanlah Mario Teguh. Terutama buat mahasiswa tingkat akhir, yakinlah kalo skripsi itu sebenernya ga seberat yang kita  takutin. Ian bisa, saya bisa, kalian semua juga bisa. Bahkan SMK juga bisa, kaya di iklan. SMK, bisa! Hehehe..
Maka dari lubuk lubuk hati paling dalam, saya pengen bilang terimakasih sama Ian, sama 5 Cm, sama mas Sidiq yang udah pinjemin novelnya dan makasih sama Bang Donny Dhirgantoro walo mungkin beliau ga baca tulisan ini... kalo baca, bagi gopek dong bang. Hlohh? Hehehe.... 

#oia, saya baru nyadar kemaren pas baca lagi 5 Cm, di skripsi saya juga ada Daniel Goleman nya, sama kaya Ian.. padahal saya ga niru Ian kalo soal Goleman ini, sumpah.. hehehe.. Saya pake Goleman karna saya pikir kecerdasan emosi bisa jadi teori penghubung buat dua variabel penelitian saya. Mungkin saya dan Ian memang sehati ^^

Garut, 29 Desember 2012. 

12 komentar:

  1. panjang...tapi bener2 bikin penasaran ttg 5 cm hehe....sangat bermanfaat :D

    salam kenalll >_<

    BalasHapus
  2. kereeenn!!! saya juga termasuk yang terinspirasi banget oleh 5cm. sampai sampai beli ranselnya, t-shirtnya :3

    BalasHapus
  3. maaf y, baru bisa bw lagi kesini.
    m'bacanya ngga sampe tuntas nih y...pokoknya
    "Selamat deh akhirnya kelar skripsinya atas bantuan 5cm, tinggal nunggu selebretnya(baca: mindahin talinya topi toga dari sisi kiri kesisi kanan alias wisuda)
    dunia rupanya sudah berubah...sekarang ini udah ngga lagi bisa/sempet nonton kaya jaman kuliah dulu. paling nunggu 5cm nya tayang di SCTV azh deh.
    "Jadi SARJANA yang SARJANA yah"

    sukses dan salam sehat selalu

    BalasHapus
  4. wah berarti film 5cm sumber inspirasi bagi yang menyukainya ya sob.terima kasih sudah berbagi cerita.

    BalasHapus
  5. maap baru bisa berkunjung sob,menyimak saja ceritanya ya.

    BalasHapus
  6. hehehe.. deuh yg gandrung sama IAN. wilujeng atuh Nden, pami udah kelar mah. salam

    BalasHapus
  7. @zwan : hehe, sila baca novel atau tonton filmnya, keren loh :)
    oh iya, makasih udah mampir

    @cepy: saya filmnya belum nonton juga nih, hiks..

    @desa : aamiin kang, hatur nuhun pidua'na... saya juga kayanya nunggu di tivi aja deh, hihihi :)

    @opik : hehe, ngga ko, alhamdulilah aja lagi dikasih kemudahan sama Allah.. aamiin, hatur nuhun :)

    BalasHapus
  8. @fitriana : 5 CM dan jemuran tetangga

    @zig zoor: iya kang, 5 CM itu inspiring. terimakasih udah mampir :)

    @kampungku : hehe, kemana aja akang yang ini, semoga sehat selalu ya kang :)

    @pepep : hehehe, hatur nuhun kang... salam baktos ti abdi :)

    BalasHapus
  9. Ian dan Iyang Bisa, Ayang (panggilan saya di rumah) juga harus Bisa,
    Mkasi bt tulisannya mbak Hana, sya jd termotivasi :)
    Semangat Wisuda tahun ini!!
    Salam kenal dari Batam ^^

    BalasHapus
  10. Hai Dian, terimakasih juga sudah mampir di sini...alhamdulilah kalo tulisan kecil ini bisa memotivasi, hehe... salam kenal dari saya :)

    BalasHapus

Hei sobat, komenin postingannya dunk... Tapi pleaaseee jangan ninggalin link hidup di sini yaa, makasih ^^