Social Icons

Pages

Senin, September 12, 2011

Bongkar-Bongkar "Kenangan" di Minggu Pagi yang Cerah

Hari minggu kemarin sebenernya saya lagi banyak kerjaan rumah. Tapi pas bangun tidur dan ngeliat pojokan kamar yang dihuni dus-dus tak beraturan, “jiwa beberes” saya mendadak kumat. Buat yang udah baca postingan sebelumnya pasti udah tau kalo saya seneng sama kerapian dan kebersihan.  Karna keberadaan dus itu rasanya menganggu kenyamanan penglihatan saya, akhirnya saya mutusin buat beresin dus-dus berisi buku catatan, buku pelajaran zaman SMP dan SMA serta majalah-majalah lama tersebut.  Mungkin ada yang bertanya-tanya, ngapain saya masih nyimpen buku-buku zaman SMP SMA? Apakah saya sedang merintis usaha loakan barang bekas? Atau saya segitu rajin belajarnya hingga masih baca buku-buku zaman dulu?


Heuheu..Ya ngga lah. Pertama, saya ga lagi bikin usaha loakan. Kalo ada yang modalin sih mau,hehe... Kedua, saya ga serajin itu sampe masih doyan baca buku lama. Lah buku kuliah yang sekarang aja jarang dibaca, gimana buku-buku lama, hahaha... Ini smua karna saya memang  sangat menghargai kenangan. Itulah kenapa saya masih menyimpan buku-buku lama karna saya pikir semua akan menjadi pengobat rindu pada kenangan serta akan sangat berguna suatu hari nanti. Orangtua saya juga pernah bilang kalo buku yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan sebaiknya disimpan baik-baik, karna insyaallah nanti akan dibutuhkan. Apalagi sepanjang kita masih sekolah,pasti kapan-kapan butuh ilmu dari buku terdahulu. Terlebih lagi yang berkaitan dengan sejarah, bukan tidak mungkin kelak bisa jadi sumber sejarah, saksi sejarah bagi anak cucu. Karna prinsip itulah akhirnya keluarga saya jarang meloakkan buku pelajaran atau buku cerita. Semua disimpan baik-baik dengan harapan suatu saat kami akan memiliki perpustakaan pribadi untuk menyimpannya. 

Karna rasa cinta pada kenangan pulalah yang membuat saya rajin menulis catatan harian dari sejak kelas empat SD sampe sekarang. Saya pengen perjalanan hidup saya terangkum dan terdokumentasikan dengan baik. Semua akan jadi gambaran kenangan sekaligus pelajaran buat masa depan. Mungkin seru juga kalo bertahun-tahun yang akan datang anak cucu saya bisa mengenang saya lewat diary. Ato syukur-syukur bisa tenar kaya Catatan Sang Demonstran nya Gie atau diary nya Anne Frank. Tapi ga mungkin kali ya, diary gaje-gaje gitu siapa yang mau baca, hahaha…

Oia, salah satu penyebab  mengapa saya  menyukai fotografi juga karna menurut saya fotografi mengandung prinsip “yang kau jerat adalah riwayat, tidak punah…jadi sejarah”…(lirik kamar gelap-Efek Rumah Kaca).. Foto adalah bagian paling vital dari kenangan. Dan penemuan kamera foto adalah salah satu hal terjenius sepanjang sejarah yang sangat saya syukuri.

Balik lagi ke minggu pagi yang cerah. Dengan penuh semangat saya mulai ngubek-ngubek isi dus dan mengeluarkan isinya buat dikelompokkin menurut jenisnya terus dirapiin lagi. Tadinya mau kembali dimasukin dus , tapi ibu saya bilang mending disimpen di luar aja..biar kalo butuh gampang ngambil, ga perlu bongkar dus-dus lagi. Sejak pindah rumah 4 tahun lalu, seingat saya dus ini baru sekali diberesin. Karna dari luar ga keliatan berantakan jadinya udah cukup lama saya ga beresin tumpukan dus ini, sampe mulai lupa apa aja isinya. Ternyata cukup beragam. Ada LKS zaman saya SMP, LKS zaman SMA, buku-buku catetan, buku pelajaran,  buku cerita anak-anak, trus majalah-majalah yang masih tetep disimpen karna saya pikir suatu saat nanti bakalan tetep berguna. 

LKS zaman SMP

Semua majalah yang saya simpan tersebut merupakan terbitan lama. Bahkan saya nemu majalah Aneka Yess terbitan taun 2001 milik kaka saya. Wow. Itu majalah pas saya SD. Tahun itu masa-masanya Indra Bekti, Indra Brugman, Betrand Antolin,serta Irgy Fahrezi masih pada muda dan karir modellingnya lagi naik daun. Di masa itu juga Westlife, Backstreetboys, Padi, Sheila on Seven sama F4 lagi digandrungi remaja se Indonesia, termasuk sama remaja imut-imut dari kota Garut ini…ahiiww.. kantong kresek, kantong kresek..yang muntah, yang muntah..hahaha

awwww judulnya cadas!! Panduan Pacaran 2001. hehe
Ada juga foto Bang Fadly Padi, vokalis band yang saya idolai dari sejak SD..ya ampuun masih keliatan muda dan kurus yah. Tapi tetep ganteng dan karismatik.
Bang Fadly Padi, i love uuuu

Saya juga nemuin majalah BOBO, majalah penuh kenangan.. Belasan tahun menemani saya. Masa kanak-kanak saya turut diwarnai oleh kehadiran majalah ini. Bapak saya lah orang paling berjasa yang mengenalkan saya pada BOBO sekaligus selalu membelikannya jika sedang bepergian ke pusat kota, sebab di kampung saya tidak ada agen yang menjual BOBO. 
BOBO, teman bermain dan belajar

 Seandainya dulu sebagian besar majalah kesayangan saya itu tidak hilang atau terpaksa dijual ke loakan saat pindah rumah, tentu sudah segudang..






Setelah BOBO, masih ada juga majalah Mangle, majalah berbahasa Sunda yang memiliki andil sangat besar dalam membentuk kecintaan saya terhadap budaya Sunda. Lalu ada majalah Ummi, Kartini dan Femina langganan ibu saya serta majalah-majalah Annida, satu-satunya majalah yang saya beli pake uang jajan sendiri. Waktu itu sekitar dua tahun saya sempet langganan dari Ncie, sahabat saya yang ibunya jadi agen majalah Islami. Kadang saya bayar kontan, kadang dicicil lima ratus perak tiap hari yang diterima Ncie dengan ikhlas *baca: pasrah karna punya pelanggan dengan dompet melarat.haha*

Dan ah..ini dia. Ada satu majalah yang selalu saya simpan baik-baik meskipun usia majalah ini sudah sangat tua, setaun lebih tua dari usia saya sendiri. Yaitu majalah Matra edisi Agustus 1989 punya Bapak. Majalah ini punya sejarah tersendiri buat saya. Selain artikel tentang “6 Jam di Jogja” yang membuat saya jadi ingin mengunjungi Jogja, ada salah satu artikelnya yang sangat berkesan. Yaitu artikel berisi wawancara dengan (alm.) Jendral Abdul Haris Nasution mengenai kudeta G30 S yang telah merenggut nyawa putri kecilnya, Ade Irma Suryani, serta nyaris merenggut nyawanya sendiri. Gara-gara membaca artikel itulah ketertarikan dan kecintaan saya pada sejarah bermula, terutama pada peristiwa sekitar tahun 60 an. Saya menaruh perhatian khusus mengenai peristiwa seputar tahun 60 an, masa di mana terjadi gejolak ipoleksosbudhankam yang sangat dahsyat di negeri ini. Salah satu masa tersuram dalam catatan sejarah nasional. Mulai meruapnya paham komunisme di dalam negeri  yang dipertegas lewat Nasakom, adanya kudeta G30S yang penuh tanda tanya, (siapakah dalang sesungguhnya di balik ini smua?dan benarkah Soeharto sesungguhnya mengetahui rencana ini?), pembantaian dan penangkapan besar-besaran pada tertuduh simpatisan  PKI, Manifes Kebudayaan versus Lekra, inflasi ekonomi, isu di tubuh TNI AD tentang siapakah crown prince pengganti Bung Karno, serta demonstrasi akbar yang berujung pada keruntuhan Orla.  Semuanya merupakan kisah-kisah sepanjang dekade 60 an yang menyita perhatian saya. Dan buku “Tirani dan Benteng” nya Pak Taufik Ismail semakin memperkuat ketertarikan saya pada masa-masa tahun 60 an. Tapi semua mungkin tidak akan terjadi seandainya saya tidak membaca artikel di majalah Matra tadi. Hingga bisa dikatakan bahwa majalah Matra itu yang pertama kali menggugah minat saya pada sejarah, hingga sempat bercita-cita menjadi sejarawan, walau kandas di tengah jalan…huhu
Foto ini diambil beberapa bulan sebelum G30S


Selain majalah-majalah lama, saya menemukan sejumlah buku catatan pelajaran saat SMP dan SMA serta puluhan buku yang sebagian halamannya masih kosong. Dan ternyata, hampir di seluruh buku, baik di buku catatan maupun buku corat coret, terdapat cerpen-cerpen buatan saya sendiri ! Jumlahnya sudah puluhan. Ga nyadar kalo dulu saya seproduktif itu. Begitu banyak cerpen yang saya buat. Saat SMP, tulisan saya bergaya teenlit, sepertinya karna di masa itu bacaan saya adalah majalah remaja. Semua berkisah tentang percintaan ala anak abege labil. Ahihi, alangkah unyu unyu nya saya waktu itu. Beranjak SMA, cerpen saya sudah ganti arah. Karna dibesarkan oleh bacaan islami dari majalah Annida dan Ummi, tulisan saya pun jadi bernafas Islami.  Sayangnya, dari sekian puluh karya saya itu, hanya satu dua yang saya tulis sampe tamat. Selebihnya menggantung di tengah-tengah. Yap. Itulah kebiasaan buruk saya. Kalo sudah nulis, saya sering kehilangan mood dan enggan meneruskan. Bahkan ada satu buku tebal berisi draft sebuah novel. Sudah terisi nyaris setengah buku, tapi tidak selesai.  Padahal kalo saya tulis sampe tamat, mungkin saat ini bisa saya tawarkan ke penerbit kali ya. Hehe..

Nyaris 5 jam saya bongkar-bongkar tumpukan buku dan merapikannya kembali.  Sebenernya sih beres-beresnya cuma 3 jam an, tapi diseling baca-baca dulu, jadinya malah lama. Semua tumpukan buku yang tadinya berantakan udah tersusun lebih rapi. Ga begitu rapi sih, tapi lumayan lah dibanding sebelumnya.

Sesaat setelah keluar dari dus
Setelah diberesin. Agak rapian dikit kan,hehe
Habis meletakkan susunan buku terakhir, saya tersenyum puas. Selain kamar jadi rapi, saya bisa menemukan hal-hal menyenangkan yang sudah lama terlupakan. Saya menemukan kembali kenangan masa lalu saya yang manis, menemukan kembali karya-karya saya yang mungkin kalo sedang mood akan saya teruskan, serta menemukan bacaan untuk mengisi waktu libur. Saya ga tau sampai kapan kebiasaan menyimpan buku lama ini akan saya teruskan. Saya cuma berharap impian keluarga saya untuk membuat sebuah perpustakaan pribadi bisa terlaksana..Amin.

11 komentar:

  1. ya ampun majalah bobo..
    kapan yah terakhir baca tuh majalah..
    hahaha

    jadi mau ubek-ubek gudang dibawah rumah juga deh.kira2 saya nemu apa yah.hha

    BalasHapus
  2. waaaahhhh.. majalah2 jaman dahulu kala. ada bobo, sahabat kita semua :D
    wah rajin eung beres2, saya mah lg malam beres2 ini teh. hehe..

    BalasHapus
  3. @uchank : saya masih tetep baca BOBO loh sampe sekarang,,biar awet muda. hahaha... :)

    @irma : hehe, iya teh..BOBO, sahabat kita smua... ngefans deh sama majalah yg satu ini ^^
    ga tau tuh, jiwa beberesnya lagi kumat..hehe..

    BalasHapus
  4. ya ampuuun.. segitu byknya buku ada didlm kamar??? sempit kali ye.. heheheh

    kalo aku mah udah di loak2in ama nyokap.. udah jd gelas cantik noh di bupet.. hehehe buku pelajaran turunin ke adik kelas..

    BalasHapus
  5. Ada Fadly Padi ya..
    jadi pengen nyanyi..
    "Semua tak sama,tak pernah sama..."
    hahahahaha...
    I Love Padi..

    BalasHapus
  6. @enno : ini juga udah sisa-sisa sih, sebagian terpaksa diloakin waktu pindah rumah, soalnya berat banget kalo dibawa smua...kalo buku pelajaran biasanya diturunin ke adek kelas, tapi kalo LKS kan soal2nya dah diisiin, keenakan adek kelasnya dunk tar, hehe

    @EP : horeee ada Sobat Padi juga!! we love Padi... ^^

    BalasHapus
  7. teh hana oo teh hana, di mana ya?? Nggak ketemu widget followersnya ii...(mobile blogging)

    Eh, BoBo ya? Terakhir baca pas smp kelas 3, lawas bgt.

    BalasHapus
  8. @anisa : hi, annisa...udah ktemu belum kotak followernya?
    kalo saya masih sering baca sampe sekarang, hihihi

    BalasHapus
  9. Btw ada mjlah aneeka yess 2005 april ga yach? maun dunk

    BalasHapus
  10. Hi,,salam kenal,bila ingin bernostalgia dengan majalah bobo edisi lama beserta sisipanx kunjungi blog saya di :
    http://zonadjadoel.blogspot.com
    Trims.

    BalasHapus
  11. @anonim : hehe, kalo itu udah pada ga ada kayanya :)

    @zuardin : makasih banyak infonya ya mas, siap segera berkunjung :)

    BalasHapus

Hei sobat, komenin postingannya dunk... Tapi pleaaseee jangan ninggalin link hidup di sini yaa, makasih ^^